Tuesday, October 15, 2013

Cara Menyimpan Daging Qurban Agar Awet

Cara Menyimpan Daging Qurban Agar Awet. Dibawah ini kami sajikan sebuah tulisan tentang bagaimana caranya menyimpan daging agar lebih awet dan aman untuk dikonsumsi. Biasanya ketika lebaran Idul Adha sudah tiba, maka kebanyakan masyarakat menikmati daging qurban, bahkan ada yang berlebih mendapatkannya. Oleh karena itu jika kita tidak tahu cara untuk menyimpan daging dengan baik maka daging tersebut gampang busuk dan basi sehingga tidak layak untuk dikonsumsi.
Cara Menyimpan Daging Qurban Agar Awet

Cara Menyimpan Daging Qurban Agar Awet


Perlu kita bahwa ketahui daging segar tahan disimpan di chiller atau penyimpanan dingin hanya 2-3 hari pada suhu dibawah 4oC dan bila ingin menyimpannya lebih lama, masukkan di dalam freezer atau penyimpanan beku. Di freezer pada suhu -18oC sampai -23,5oC, daging bisa bertahan hingga 3 bulan. Ada beberapa syarat agar daging tetap segar dan aman diolah setelah disimpan di freezer:
  • Jangan menyimpan daging dalam ukuran besar, sebaiknya potong-potong daging sebelum disimpan agar pembekuan lebih merata.
  • Daging harus dalam kondisi segar. Begitu anda dapat daging yang betul-betul segar, pisahkan antara yang mau dimasak hari itu dan yang mau disimpan, jangan menunda waktu untuk menyimpan.
  • Bungkus daging dengan kemasan plastik tebal, dikemas rapat agar daging tidak mengalami dehidrasi. Daging yang dehidrasi akan mengalami perubahan warna menjadi coklat kehitaman, akan terjadi penyimpangan rasa bila diolah, dan alot.
  • Bila hendak digunakan, cairkan (thawing) daging. Ada 3 cara pencairan, yaitu di pindahkan ke chiller selama 12-24 jam, dibiarkan dalam temperatur ruang, dan letakkan di wastafel sambil dikucuri air keran dalam keadaan masih terbungkus plastik.
  • Daging yang sudah di-thawing tidak boleh dikembalikan ke freezer karena bakteri yang semula tertidur lelap bangun kembali dan mulai merusak daging. Sebaiknya daging yang sudah keluar segera diolah habis, kalaupun mau disimpan masukkan ke chiller, itu pun hanya bertahan 2 hari saja.
Demikian tip atau cara menyimpan daging sapi agar awet dan aman dikonsumsi. Semoga tulisan kecil ini bisa memberi manfaat bagi pembaca....

2 comments :